Merdeka Belajar dengan 4 Kebijakan Mendikbud

0

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menetapkan 4 (empat) inisiatif yang sudah diumumkan menjadi kebijakan atau gebrakannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada kabinet Indonesia Maju.

4 kebijakan ini disampaikan pada acara rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab/Kota Se- Indonesia pada 11 Desember 2019 di Jakarta.

Mendikbud Nadiem menjelaskan program “Merdeka Belajar” akan dijabarkan pada 4 inisiatifnya yaitu:

1. USBN Komprehensif ; Mendikbud Nadiem menyampaikan bahwa USBN akan dihapus. sebagai gantinya hanya akan ada ujian sekolah. Penilaian dilakukan oleh gurunya sendiri dan sekolah memiliki tolak ukur sendiri untuk menentukan kelulusannya dan assesment penilaian kelulusan ditentukan oleh sekolah. Pihak sekolah maupun guru dapat menggunakan standarnya sendiri dan dapat menentukan cara lain seperti esay atau mengerjakan sebuah proyek.

2. UN 2020 Terakhir, 2021 Sistem UN diganti ; Tahun 2020 adalah pelaksanaan UN terakhir. sebagai penggantinya adalah assesmen kompetensi minimal dan survey karakter yang terdiri dari literasi (kemampuan bernalar bahasa), numerasi (kemampuan bernalar matematika) dan penguatan pendidikan karakter. Ujian tersebut akan diadakan ditengah jenjang misal di kelas 4 untuk jenjang SD, kelas 8 untuk jenjang SMP, kelas 11 untuk jenjang SMA. Sehingga guru dapat memperbaiki kualitas pembelajaran dan kualitas murid.

3. RPP yang sederhana ; Para guru di sekolah membuat RPP untuk menyiapkan pembelajaran di kelas akan disederhanakan. Yang berlembar-lembar akan menjadi hanya satu lembar. Tiga komponen yang harus ada di RPP terdiri dari tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan assesmen. RPP ditulis dengan efektif dan efisien sehingga guru memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi pembelajaran itu sendiri.

4. Sistem PPDB dengan Zonasi yang Fleksibel ; Komposisi PPDB jalur zonasi sebesar 50%, jalur afirmasi (Pemegang KIP) 15%, jalur perpindahan 5% dan jalur prestasi sebesar 30%.

Dengan program “Merdeka Belajar” yang dituangkan dalam empat kebijakan ini semoga Pendidikan di Indonesia semakin maju sehingga dapat tercapai SDM yang Unggul. Pemerataan pendidikan di Indonesia sangatlah penting. Ini harus disertai inisiatif pemerintah dan dukungan para pelaku pendidikan serta para guru juga ya tentunya 😉 (Yugo 13/12/19)

Leave A Reply

Your email address will not be published.